Wujudkan Kabupaten Serang Yang Maju, Sejahtera Dan Agamis

Senin, 27 Februari 2017 | 18:02
Share this post :

INDOPOS.CO.ID - VISI pembangunan Kabupaten Serang tahun 2016-2021 di bawah kepemimpinan Bupati Hj Tatu Chasanah dan Wakil Bupati H Pandji Tirtayasa adalah mewujudkan ”Kabupaten Serang Yang Maju, Sejahtera Dan Agamis”

Adapun arah kebijakan Bupati dan Wakil Bupati Serang Tahun 2017 :

1. Mengalokasikan anggaran lebih besar kepada SKPD yang outputkegiatannyadapat langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

2. Pemangkasan Honor-honor kegiatan PNS Yang Sudah menjadi Tupoksi Utama.

3. Pemangkasan anggaran terhadap kegiatan- kegiatan SKPD yang kurang bermanfaat dan jauh dari sasaran peningkatan IPM

4. Menitikberatkan APBD Kabupaten Serang pada belanja langsung mulai dari pembangunan infrastruktur mulai dari pembangunan infrastruktur baik jalan, jembatan, sekolahsekolah, fasilitas kesehatan, puskesmas, poskedes dsb. Dan mensentralkan pembangunan fisik bangunan tersebut kepada Dinas PU dan Dinas Tata Ruang dan Bangunan.

5. Pembatasan Perjalanan Dinas seperti studi banding baik secara frekuensi, jumlah hari secara selektif dan harus mempunyai output yang jelas dan ada relevansinya dengan substansi kegiatan Pemerintah Daerah yang sedang fokus untuk peningkatan IPM.

6. Mengurangi kegiatan rapat-rapat, sosialisasi yang diselenggarakan di Hotel baik didalam Serang maupun Luar Serang

7. Menghapus perda-perda yang menghambat UMKM dan meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan berbagai program stimulant untuk usaha mikro kecil menengah.

8.Menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik, transparan kepada masyarakat dengan merencanakan pembuatan sistem SIMRAL atau perencanaan daerah secara sistem agar perencanaan kerja Pemkab Serang bisa lebih terarah untuk mendukung peningkatan IPM

9. Sentralisasi Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara yang mengatur tentang sentralisasi diklat di Lingkungan Pemkab Serang agar lebih terarah dan merata pada Badan Kepegawaian Daerah.

10. Pemangkasan tahapan semua jenis proses perijinan dan memusatkan perijinan yang tersebar di SKPD untuk dipusatkan ke Badan Perijinan Terpadu dan Penanaman Modal Kabupaten Serang agar perijinan cepat dan tidak berbelit-belit.

Pemerintah Kabupaten Serang dibawah Bupati Hj. Ratu Tatu Chasanah dan Wakil Bupati Pandji Tirtayasa pada tahun pertama kepemimpinannya kembali meraih prestasi yakni predikat B (Baik) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi terhadap penilaian Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) dalam acara Penyampaian Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) di Hotel Panghegar Bandung tanggal 25 Januari 2017 lalu yang langsung diserahkan oleh Menteri PAN RB Asman Abnur. Adapun dua bulan sebelumnya, Pemkab Serang melalui Bupati juga telah menerima Anugerah Parahita Ekapraya tingkat Madya dari Pemerintah Pusat.

Untuk diketahui bahwa sebelumnya Pemkab Serang hanya menerima predikat CC selama 4 tahun berturut-turut dari penilaian LAKIP tahun 2012 sampai dengan 2015. Penghargaan ini membuktikan keseriusan Bupati Serang dalam merencanakan dan melaksanakan progam pembangunan di Kabupaten Serang.

Inspektur Pemkab Serang Rachmat Jaya yang turut serta mendampingi Bupati dalam acara tersebut mengatakan bahwa predikat B artinya Pemkab Serang sangat baik dalam melaksanakan perencanaan pembangunan dan mengejawantahkan dalam rencana strategis di setiap instansi pemerintah berikut dengan pelaksanaanya.

Menteri PAN RB Asman Abnur dalam sambutannya mengatakan bahwa nilai atau predikat yang didapat ini bukan merupakan sebuah kompetisi melainkan sebuah motivasi untuk meningkatkan penyelenggaraan tata kelola pemerintahan untuk menjadi lebih baik lagi. Dengan penilaian LAKIP ini diharapkan Pemerintah Kota/Kabupaten dapat mereformasi birokrasinya masing-masing yang muaranya adalah peningkatan dalam pelayanan publik yang manfaatnya langsung dapat dirasakan oleh masyarakat.

MenPAN RB juga mengarahkan kepada seluruh Pemerintah Daerah untuk senantiasa belanja pegawai tidak boleh melebihi belanja Modal atau belanja barang dan jasa.Seluruh ASN juga diharapkan untuk meningkatkan kinerja namun mempunyai output yang bisa dirasakan manfaatnya terhadap masyarakat, kemudian perencanaan yang terintegrasi dengan pelaksanaan akhir. (advertorial)

Kemenpar 300 x 250
e-Permormance
LPSE
PPID
JDIHN